Total Tayangan Halaman

16 Desember 2008

BIAR AKI GA TEKOR

Banyak keluhan yang masuk mengenai pemasangan lampu banyak di Vespa, setelah pasang lampu aki sering soak, untuk menyiasatinya kita pasang alat untuk mengurai arus aki dengan teratur. Trik ini untuk Vespa yang dilengkapi kelistrikan 12V.

Pertama-tama sediakan aki 24 ampere, kemudian 2 buah elco ukuran 10.000mf (micro farad), satu kiprok 6 volt (2 kaki) dan tiga utas kabel usahaain warnanya beda biar gampang; sediain aja warna merah, hijau dan hitam sepanjang masing-masing 1M.

Dari daftar diatas elco jadi jantung pengatur arus, artinya tempat persinggahan arus yang disuplay magnet dan lilitan spul, jika aki kedodoran elco akan serentak mengirim arus tambahan begitu seterusnya.

Cara merangkainya kutub positif (+) masing-masing Elco disambung artinya menggabungkan elco jadi satu, masih dalam rangkaian positif disambungkan dengan kabel merah ke kaki kiprok positif dan disambung lagi ke kaki positif aki. Sedangkan kaki negatif (-) ke dua elco disambungkan dengan kabel hitam ke massa dan kaki negatif (-) kiprok dihubungkan ke spul, biar lebih gampang kita liat digramnya aja dijamin untung deh, maksudnya ga tekor lagi tuh aki…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengguna, Anggota, pembaca, simpatisan, komentator, pengkritik, dsb.